Tak Seperti Biasa, Bunga Sakura di Jepang Tahun Ini Mekar Lebih Awal, Fenomena Apa yang Terjadi?

Kamis, 18 Oktober 2018 14:53
   
bunga-sakura_20170202_171430.jpg

Mekarnya bunga sakura yang indah identik dengan permulaan musim semi di Jepang.

Namun, tahun ini bunga sakura juga mekar di musim gugur, kata perusahaan yang bergerak di bidang peramalan cuaca, Rabu (17/10/2018).

Fenomena ini tentu membuat warga bertanya-tanya, apa yang terjadi?

Kenapa bunga sakura mekar lebih awal?


Dilansir TribunTravel, para ahli mengatakan kepada media setempat bahwa mekarnya bunga sakura lebih awal memang jarang terjadi.

Hal ini terjadi karena cuaca tidak biasa yang terjadi tahun ini, termasuk musim topan yang sangat aktif.

Bunga sakura (cherryblossom.com)

Dalam survei yang dilakukan minggu lalu oleh Weathernews, sebuah perusahaan meteorologi mengatakan, lebih dari 300 orang di seluruh Jepang melaporkan bunga sakura di lingkungan mereka telah mekar.

Bunga berwarna merah jambu dan putih juga tampak sudah mekar di beberapa tempat populer untuk menikmati sakura di Jepang

Hiroyuki Wada, dokter pohon yang tergabung dalam Asosiasi Bunga Jepang, berspekulasi bahwa pola cuaca yang tidak biasa bisa menjadi penyebab mekarnya sakura lebih awal.

Dia mengatakan kepada NHK bahwa badai telah menggugurkan daun yang biasanya melepaskan zat kimia yang menghambat mekar sebelum musim semi.

Bunga Sakura di Jepang (Hesti Handayani)

Serangkaian hari-hari yang luar biasa hangat setelah topan juga bisa membuat tanaman menjadi berbunga, katanya.

Seorang pengunjung melihat bunga sakura mekar di Taman Nasional Shinjuku Gyoen di Tokyo, Jepang, pada 14 Maret 2018.

Jepang telah dihantam serangkaian topan tahun ini, termasuk Topan Jebi yang menewaskan 11 orang dan menutup bandara Kansai pada bulan September.

Namun, topan tidak akan mempengaruhi musim sakura yang sangat populer dan menarik wisatawan dari seluruh dunia untuk datang ke Jepang.

Biasanya, orang Jepang dan wisatawan mengadakan piknik "hanami" di bawah naungan bunga-bunga sakura yang indah bermekaran.


Sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==