Jangan Panik! Berikut 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Ketinggalan Pesawat Terbang

Rabu, 17 Oktober 2018 11:13
   
ketinggalan-pesawat_20180926_210604.jpg

Laporan Wartawan TribunTravel.com, Ambar Purwaningrum

TRIBUNTRAVEL.COM - Ketinggalan pesawat menjadi momen yang paling menyebalkan saat liburan.

Cemas, kesal, dan tidak berdaya akan langsung kamu rasakan.

Jika tak ingin rencana liburanmu berantakan gara-gara ketinggalan pesawat, TribunTravel.com melansir dari msn.com punya solusinya.


Berikut 4 hal yang harus kamu lakukan saat ketinggalan pesawat terbang.

1. Bicaralah dengan perwakilan maskapai penerbangan.

(shutterstock/wavebreakmedia)


Sebelum kamu mulai stres, bicaralah dengan perwakilan maskapai tentang penerbangan yang kamu lewatkan.

Henrik Zillmer, CEO di AirHelp , mengatakan kepada INSIDER bahwa menjelaskan mengapa kamu melewatkan penerbangan adalah langkah pertama.

"Beberapa maskapai penerbangan memiliki aturan informal yang dapat membantu kamu menggunakan penerbangan berikutnya yang tersedia, jika ruang memungkinkan, jika kamu ketinggalan penerbangan karena alasan yang bagus," ia menjelaskan.

Apakah kamu ketinggalan pesawat karena keadaan yang tidak dapat kamu kendalikan seperti kecelakaan mobil terkait kemacetan dalam perjalanan ke bandara? Jika beruntung, kamu mungkin dapat dipesan ulang tanpa penalti.

Bertindak sebelumnya juga bisa membantu.

"Jika terjebak dalam lalu lintas dalam perjalanan ke bandara dan takut akan terlambat untuk naik, beberapa maskapai penerbangan mungkin dapat memesankan kamu ke penerbangan selanjutnya. Semakin cepat memberi tahu maka semakin cepat pula pihak maskapai membantumu, Zillmer mencatat.

2. Pelajari kebijakan maskapai

(moneycontrol.com)

Satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan sebelum terbang adalah membiasakan diri dengan kebijakan maskapai penerbangan yang kamu pesan.

Pelajari bagaimana maskapai yang akan kamu gunakan menangani berbagai skenario, seperti penundaan, ketinggalan penerbangan, dan banyak lagi.

3. Pertimbangkan opsi transportasi lainnya

Penumpang bersiap naik kereta di Stasiun Tawang Semarang, Senin (18/6/2018). (TRIBUN JATENG/F ARIEL SETIAPUTRA)



Jika maskapai tidak bisa memesan ulang, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan opsi lain.

"Kadang-kadang, lebih murah untuk membeli tiket baru dari maskapai lain atau mengatur kembali agenda untuk terbang keluar pada hari yang berbeda," tegas Zimmer.

Jika lokasi yang dituju masih satu pulau seperti Jakarta ke Jogja, kamu mungkin bisa lebih cepat mencapai tujuan dengan pilihan transportasi darat seperti mobil sewaan, bus, atau kereta api.

4. Sesuaikan agenda dan / atau akomodasi kamu

Ilustrasi pintu kamar hotel (cruisesafely.com)


Ketinggalan pesawat biasanya akan berdampak pada jadwal perjalanan, baik kamu sedang bepergian untuk bekerja atau untuk bersenang-senang.

Pertimbangkan hal-hal seperti penjemputan di bandara dan transfer, bersama dengan akomodasi yang kamu jadwalkan.

"Pastikan untuk memberi tahu hotel segera setelah jelas bahwa kamu tidak akan tepat waktu untuk reservasi, terutama jika kamu harus membatalkansepenuhnya," Zimmer mengingatkan. "Tujuan kamu di sini adalah untuk menghindari biaya tambahan yang dibuat untuk pemesanan."


Sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==