Tamatnya Pelarian Samsudin Bos Miras Maut di Hutan Banyuasin

Kamis 19 April 2018, 07:40 WIB
Dony Indra Ramadhan - detikNews


Bos besar miras oplosan, Samsudin Simbolon (Foto: ist)
FOKUS BERITA:Maut Miras Oplosan
Bandung - Petualangan Samsudin Simbolon, big bos minuman keras (miras) maut yang menewaskan 45 orang berakhir. Sepekan setelah ditetapkan buron, Samsudin bertekuk lutut di hadapan polisi.

Samsudin ditangkap tim gabungan Dit Reskrimum, Dit Res Narkoba Polda Jabar dan Polres Bandung pada Rabu (18/4/2018) dini hari pukul 01.00 WIB. Jejak Samsudin terlacak di area hutan wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

"(Ditangkap) di daerah perbatasan Sumsel dan Jambi," ucap Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto kepada detikcom saat dikonfirmasi via pesan singkat.

Sebelum ditangkap, sang big bos pergi dari satu kota ke kota lainnya. Sejak ditetapkan sebagai buron, Samsudin melalui perjalanan darat sempat menuju ke Banten.

Dari Banten, pria berkepala botak ini kemudian menyeberang laut melalui Merak dan tiba di Lampung. Perjalanannya dilanjutkan ke Pekanbaru dan Palembang.

"Dia memang niatnya mau kabur saja," kata Agung.

Setelah sampai di Pekanbaru, perjalanan Samsudin bersama seorang kerabatnya tak berhenti. Dia lalu menuju ke Musi, Banyuasin. Di sana, Samsudin masuk hingga ke kawasan hutan.

"Tersangka masuk ke hutan dan bersembunyi di sana," ucap Agung.

Di dalam hutan, sambung Agung, Samsudin bersembunyi di sebuah gubuk. Dia bersembunyi dengan seorang kerabatnya.

"Dua malam tersangka berada di hutan," katanya.


Di hutan itulah, pelariannya terhenti. Personel gabungan akhirnya meringkus pria yang meracik sekaligus menjual miras yang menewaskan puluhan orang tersebut. Setelah ditangkap, Samsudin lalu diterbangkan menuju ke Bandung.

Hari ini, penangkapan serta kasus miras maut akan dirilis polisi. Wakapolri Komjen Syafruddin akan memimpin proses rilis di depan rumah mewah milik Samsudin. Setelah itu, polisi juga akan memusnahkan barang bukti miras buatan Samsudin di alun-alun Cicalengka.
(bbn/bbn)


Sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==