Gunung Berapi Io Yama di Jepang Meletus

kumparanNEWS
Jumat 20 April 2018 - 10:36
Gunung Io Yama meletus. (Foto: Japan Meteorological Agency/Handout via Reuters)

Gunung berapi Io Yama di Jepang meletus pada Kamis (19/4), melontarkan bebatuan dan asap panas ke udara. Akses pendakian menuju gunung tersebut langsung ditutup, belum dilaporkan adanya korban atau kerusakan akibat letusan.
Diberitakan Reuters, peringatan bahaya Io Yama yang terletak di pulau Kyushu naik dari "2" menjadi "3" pada skala 5 gunung berapi Jepang. Badan Meteorologi Jepang mengatakan, bebatuan dari Io Yama bisa terlontar hingga jarak 2 km.
Cuplikan di televisi memperlihatkan asap-asap keluar dari beberapa titik di sisi-sisi gunung setinggi 1.298 meter di wilayah Kirishima itu, sekitar 985 km dari Tokyo.
Gunung Io Yama meletus.

Gunung Io Yama meletus. (Foto: Mandatory credit Kyodo/via Reuters)

Ini adalah satu dari banyak insiden gunung berapi di Jepang pada tahun ini. Januari lalu, seorang tentara tewas dan 11 lainnya terluka ketika gunung berapi Kusatsu-Shirane memuntahkan bebatuan ke arah penginapan.
Dua bulan setelahnya, gunung berapi Shinmoedake -yang terkenal dalam film James Bond tahun 1960-an- melontarkan asap dan abu ribuan meter ke udara.
Ada 110 gunung berapi aktif di Jepang, dan 47 di antaranya rawan letusan. Pada September 2014, sebanyak 63 orang tewas dalam letusan Gunung Ontake, jumlah korban tewas terbanyak akibat letusan di Jepang dalam 90 tahun terakhir.


Sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==