Modus Pura-pura Lamar Kerja, Pencuri Laptop dan HP Ditangkap

Kamis 12 April 2018, 09:46 WIB
Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews

Modus Pura-pura Lamar Kerja, Pencuri Laptop dan HP Ditangkap
Foto: Barang bukti laptop yang disita polisi (istimewa)
Jakarta - Polisi menangkap seorang pria berinisial P (50) yang mencuri laptop dan telpon seluler (ponsel) di sebuah kantor di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Modus pelaku berpura-pura melamar kerja.

Kapolsek Tebet Kompol Maulana J Karepesina mengatakan peristiwa bermula saat P datang ke sebuah kantor di kawasan Jalan Tebet Utara, Tebet Timur, Jakarta Selatan, pada Selasa (10/4) pukul 18.30 WIB. Dia datang ke kantor itu dengan berpakaian rapi seperti orang yang hendak melamar kerja.

P lalu melihat kondisi kantor saat itu sepi. Akhirnya dia masuk ke dalam kantor dan melihat laptop dan ponsel tergeletak bebas di meja ruang meeting.

P mencuri kedua barang itu dan langsung melarikan diri. Aksi pencurian itu terekam oleh CCTV kantor.

"Korban yang mengetahui laptop dan handphonenya hilang kemudian mengecek rekaman CCTV dan diketahui pelaku yang mengambil dengan berbagai ciri-ciri," kata Maulana dalam keterangannya, Kamis (12/4/2018).

Berbekal rekaman CCTV, polisi lalu menyelidiki kasus pencurian tersebut. Polisi membuat sketsa wajah pelaku sebab rekaman CCTV yang didapatkan kurang jelas.

Polisi akhirnya berhasil meringkus P di Jalan KH Abdullah Syafei, Manggarai Selatan, pada Rabu (11/4) malam. Polisi kemudian menyita barang curian yang telah dijual kepada penadah.

Atas perbuatannya, P dijerat pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan.
(knv/hri)

Sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==