Perbedaan Cara Bersalaman Antara Jokowi dan Prabowo Saat Jenguk SBY Menyiratkan Sesuatu

Kamis, 19 Juli 2018 15:31 WIB

Presiden Jokowi menjenguk SBY di RSPAD Gatot Subroto

Pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada kali ini menyiratkan pesan.

Disela kesibukannya, Jokowi memang diketahui menyempatkan diri menjenguk Ketua Umum Partai Demokrat itu di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada Kamis (19/7/2018).

Saat menjenguk SBY yang terbaring di atas ranjang rumah sakit, Jokowi pun menyalami tangan pendahulunya itu.

Ia memegang tangan SBY dengan dekapan hangat menggunakan kedua tangannya.

Wajah kedua tokoh negara itu pun saling tersenyum dan saling menatap.

Namun posisi keduanya berjarak cukul jauh, hal tersebut terlihat dari posisi berdiri Jokowi dan posisi ranjang tidur SBY.

Saat menjenguk, Jokowi didampingi sang istri Iriana dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan istrinya, Mufidah.

Sementara sebelumnya, mantan rival Jokowi dalam Pilpres 2014 lalu, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto juga menjenguk SBY pada Rabu malam (18/7/2018).


Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) menyalami Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) yang tengah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (18/7/2018). SBY dirawat di RSPAD karena kelelahan setelah mengikuti acara di Pacitan, Jatim. TRIBUNNEWS/SBY Center/Anung Anindito (TRIBUN/SBY Center/Anung Anindito)
Sebenarnya Prabowo dan SBY memang telah dijadwalkan bertemu, namun karena SBY sakit maka pertemuan tersebut berubah lokasi.

Saat bertemu SBY, Prabowo terlihat seperti masih bertugas sebagai abdi negara.

Ia dan SBY memang sebelumnya memiliki latar belakang militer.

Sehingga saat bersalaman, keduanya menggunakan salam yang tidak biasa digunakan masyarakat pada umumnya, yakni 'salam komando'.

Keduanya tampak berjarak sangat dekat, tatapan Prabowo pun tajam ke arah SBY, sambil menyunggingkan senyum dan menatap 'rekan sesama militernya' yang tengah terbaring lemah.

Genggaman tangan Prabowo terlihat sangat kuat, begitu pula genggaman SBY, meskipun suami dari Ani Yudhoyono itu sedang tidak berdaya, hal itu seolah menyiratkan sesuatu.

Perbedaan yang cukup besar jelas terlihat jika menyandingkan antara foto pertemuan SBY-Prabowo, dengan foto pertemuan saat Jokowi menjenguk SBY di lokasi dan ruangan yang sama.

Mulai dari posisi tangan, jarak antara SBY-Prabowo dan SBY-Jokowi, gestur tubuh, serta ekspresi wajah bisa menyiratkan sesuatu.


Sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==