Anak 13 Tahun Nikahi Siswi SMK, Keduanya Pun Memilih Putus Sekolah

Diterbitkan 09.19, 04/09/2018


Reski (13) dan istrinya Sarmila (17) setelah melangsungkan pernikahan di rumahnya tanpa melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Bantaeng.

Reski (13) dan istrinya Sarmila (17) setelah melangsungkan pernikahan di rumahnya tanpa melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Bantaeng. (Ist)
BANTAENG, KOMPAS.com – Setelah melangsungkan pernikahan, anak yang baru lulus SD, Reski (13) dan siswi SMK, Sarmila (17), akan berhenti sekolah dan akan fokus membina rumah tangganya.

Hal itu dikatakan oleh pasangan anak-remaja ke wartawan saat ditemui di kediaman mereka di Desa Bonto Marannu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Pasangan pernikahan dini ini nampak senang telah melangsungkan pernikahannya setelah berpacaran selama 1 tahun.

Pasangan ini melangsungkan pernikahannya atas dasar suka sama suka. Ditambah lagi, dukungan dari keluarga keduanya.

Jadi meski melanggar aturan, keduanya pun nekat melangsungkan pernikahan tanpa melalui Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Bantaeng.

“Saya sudah 1 tahun pacaran dengan Reski. Kenalnya dengan Reski, karena masih terbilang masih mempunyai hubungan keluarga. Dari situlah, kami sering teleponan dan sering bertemu,” kata Sarmila.

Sarmila pun mengaku, dirinya meminta pernikahannya dilangsungkan setelah mendapat usulan dan dukungan dari beberapa anggota keluarganya. Selanjutnya, pembicaraan kepada orangtua kedua pihak.

“Setelah menikah, saya dan suamiku akan berhenti sekolah dan fokus membina rumah tangga. Ya, paling suamiku kerja sebagai petani atau bekerja sebagai buruh kasar harian,” tuturnya dengan polos.

Sebelumnya telah diberitakan, anak 13 tahun menikah dengan seorang gadis berusia 17 tahun yang masih duduk dibangku SMK di Kabupaten Bantaeng.

Pernikahan pasangan dibawah umur ini melangsungkan ijab kabul di depan orangtua serta keluarganya, Kamis (30/8/2018) malam.

Pernikahan anak dibawah umur ini tidak diberitahukan ataupun dilaporkan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng.

Sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==