Ciri-Ciri Umum Serangan Jantung yang Wajib Anda Waspadai

Diterbitkan 18.40, 26/09/2018


Gejala serangan jantung biasanya bervariasi pada setiap orang. Namun, Anda harus siap sedia membawa ke rumah sakit terdekat jika kerabat atau keluarga Anda mengalami serangan jantung. Berikut ini adalah ciri paling umum dari serangan jantung.

Serangan jantung merupakan keadaan darurat medis yang membutuhkan perawatan segera. Kondisi yang juga dikenal sebagai myocardial infraction ini disebabkan kurangnya darah yang mencapai jantung. Sehingga sangat penting untuk mengetahui tanda-tandanya agar Anda paham apa tindakan yang harus dilakukan segera.


Nyeri dada bisa menjadi tanda peringatan serangan jantung yang mematikan. Rasa sakit mungkin hanya terasa seperti tekanan tambahan pada tubuh bagian atas atau sensasi yang kencang tanpa terasa meremas. Sangat umum bila rasa sakit menyebar ke leher, rahang, atau punggung.

Selain itu, pasien juga mungkin mengalami rasa mulas atau gangguan pencernaan yang bisa dengan mudah hilang. Kram kepala, sesak napas, atau perasaan cemas yang luar biasa juga bisa menjadi tanda-tanda serangan jantung.

Gejala-gejalanya mungkin tampak lebih parah pada beberapa pasien daripada yang lain, sementara beberapa orang mungkin tidak mengalami tanda-tanda peringatan adanya serangan jantung sama sekali. "Tidak semua orang mengalami serangan jantung dengan gejala yang sama atau memiliki tingkat keparahan gejala yang sama. Namun, semakin banyak tanda dan gejala yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda mengalami serangan jantung," kata Mayo Clinic.


sumber: heart sister

Beberapa serangan jantung akan menyerang tiba-tiba, tetapi banyak orang yang sudah mendapatkan tanda atau gejala peringatan berjam-jam, berhari-hari atau berminggu-minggu sebelumnya. Peringatan paling awal adalah nyeri dada. Meskipun nyeri dada yang dialami sering parah, kadang orang hanya menderita nyeri yang ringan seperti gangguan pencernaan.

Mengubah gaya hidup adalah cara terbaik menurunkan risiko serangan jantung. Makan makanan sehat dan seimbang serta berolahraga yang cukup adalah dua cara paling efektif mencegah serangan jantung. Kegemukan seringkali memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan beberapa kilogram saja akan membuat perbedaan besar pada risiko serangan jantung Anda.

Penting juga menjaga tekanan darah normal agar terhindar dari serangan jantung. Di Inggris, semua orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun harus memeriksa tekanan darahnya setidaknya setiap lima tahun.


Sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==