Bocah 5 Tahun Rencanakan Pemakamannya, Pesan Terakhirnya Menuai Sensasi: Aku Tak Ingin Kesedihan

Minggu, 15 Juli 2018 09:23

Family handout/Facebook
Garrett Michael Matthias

Seorang bocah bernama Garrett Michael Matthias tampaknya akan dikenang oleh banyak orang karena obituarinya setelah meninggal karena kanker langka.

Melansir dailymail.co.uk, pada Minggu, (15/7/2018) Garrett menderita kanker tulang yang langka, Stage 4 Alveolar Fusion Negative Rhabdomyosarcoma (ARMS), pada September 2017.

Bocah berusia 5 tahun itu baru saja meninggal pada tanggal 6 Juli 2018.

Penyakit itu telah menyebar begitu jauh dari tengkoraknya, menyerang saraf kranial dan telinga bagian dalam.

Dokter pun mengatakan kepada orang tua Garrett, Emilie dan Ryan Matthias bahwa tidak ada harapan untuk menyelamatkannya.

Merasa hancur, pasangan itu mulai bersiap-siap untuk mengakhiri semuanya, termasuk menanyakan kepada Garrett serangkaian pertanyaan.

Jawaban Garrett atas pertanyaan orang tuanya itu telah dicetak dalam obituari rumah duka lokal mereka di Van Meter, Iowa, menjelang pemakamannya pada hari Sabtu (7 Juli 2018).

Dalam beberapa hari kata-kata yang diucapkan Garrett telah menjadi viral di media sosial, terutama setelah dia menandatangani obituari dengan "See ya later, suckas!"


Garrett Michael Matthias (Family handout)

Beginilah bunyi obituarinya:

"Hal-hal yang paling saya sukai: bermain dengan saudara perempuan saya, kelinci biru saya, thrash metal, Lego, teman-teman saya, Batman, dan ketika orang-orang membuat saya tertidur."

"Hal-hal yang aku benci: Celana!, kanker, jarum, dan hidung monyet yang berbau seperti ceri."

Untuk alamatnya, Garrett hanya menulis, "Aku adalah Bulldog!"

Dia menambahkan: "Ketika aku meninggal: aku akan menjadi gorila dan membuang kotoran pada Ayah!"

Garrett memberi tahu orang tuanya bahwa ia ingin dikremasi daripada dimakamkan.


Garrett Michael Matthias (Facebook)

"Aku ingin dibakar, seperti ketika Mommy Thor meninggal, dan dibuat menjadi pohon sehingga aku bisa hidup di dalamnya sampai saya menjadi gorila."

Tak ingin membuat pemakamanannya penuh 'kesedihan', Garrett menguvapkan beberapa guyonan, "Aku ingin 5 rumah (karena aku berumur 5 tahun), ​​Batman, dan es serut."

Garrett membuat daftar orang-orang favoritnya dengan detail-detail kecil.

Ia menyebut saudara perempuannya Delcina, bukan Delphina.


Garrett Michael Matthias dan keluarganya (Facebook)
Garrett merujuk pada kakek-neneknya dari pihak ibu sebagai orang-orang 'dengan rumah baru'.

Dia ingat sepupu-nya, Grady, Luke, dan London Marie.

Obituari, yang diterbitkan beberapa hari sebelum upacara pemakaman dan pertunjukan kembang api, dengan cepat menyentuh hati orang-orang di komunitas mereka dan di seluruh dunia.

Emilie dan Ryan mengatakan kata-kata Garrett itu persis dengan cara Garrett, yang dewasa sebelum waktunya.


Garrett Michael Matthias bersama kerabat (Facebook)

“Itu caranya berbicara. Itu kata-katanya yang muncul," kata Ryan dalam wawancara dengan WHOTV.

"Ketika saya membacanya, saya seperti 'wow, ini terdengar luar biasa.'"


Garrett Michael Matthias (Facebook)

Sarkoma adalah jenis kanker langka yang berkembang di jaringan pendukung atau ikat tubuh.

Sarkoma jaringan lunak dapat berkembang di otot, lemak, pembuluh darah, atau salah satu jaringan lain yang mendukung, mengelilingi dan melindungi organ-organ tubuh.

Ini paling sering terjadi pada anak-anak di bawah empat tahun, mempengaruhi sekitar empat dari satu juta orang.

Rhabdomyosarcomas tumbuh di otot aktif tubuh.

Tempat yang paling umum bagi mereka untuk ditemukan adalah kepala, leher, kandung kemih, alat vital, lengan, kaki, dan badan.

Rabdomiosarkoma alveolar cenderung terjadi pada anak-anak yang lebih tua dan remaja.

Biasanya diobati dengan kemoterapi, bersama dengan pembedahan atau radioterapi, tetapi tidak diketahui apa penyebabnya.

Emilie mengatakan kepada CNN:

"Kami tidak pernah berbicara tentang pemakamannya, jadi kami tidak pernah berbicara dengannya bahwa dia akan meninggal."

"Tapi kami memiliki banyak percakapan seputar, 'Saat saya meninggal saya ingin melakukan ini.'

Ryan dan Emilie berencana untuk menghormati harapan putra mereka pada upacara peringatan pada 14 Juli, di mana mereka akan mengadakan upacara pemakaman simbolis sesaat setelah matahari terbenam yang akan disertai dengan kembang api.

Seorang tetangga dilaporkan telah menawarkan telaga kepada keluarga Garrett untuk upacara dan mereka berencana untuk mengapungkan perahu kecil di atasnya.

Menurut obituari, setelah upacara, akan ada penguburan pribadi abu Garrett setelah orang tuanya mencari tahu ‘bagaimana caranya agar abunya dibuat menjadi pohon 'dan mencari cagar alam agar pohonnya berada di kawasan lindung.

(Obituari adalah berita tentang seseorang yang baru saja meninggal dunia. Obituari biasanya dibuat untuk orang-orang besar atau setidaknya bagi orang-orang yang selama hidupnya memberikan banyak inspirasi. Obituari dapat berupa sebuah pengumuman akan kematian seseorang dan biasanya disertai dengan biografi singkat.)


Sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==