Kisah Gua yang Digali Seorang Pria Selama 23 Tahun

Senin, 25 Jun 2018 12:10 WIB

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel

Foto: Gua bawah tanah buatan di Armenia (Levon's Divine Underground/Facebook)

Arinj - Umumnya sebuah gua tercipta dari proses alam yang panjang. Namun, gua di Armenia ini dibangun seorang diri oleh satu pria selama 23 tahun.

Berlokasi di Desa Arinj, Armenia, traveler bisa menemukan sebuah gua bawah tanah yang berada di kedalaman 20 meter. Menariknya, gua itu dibangun seorang diri oleh Levon Arakelyan dengan menggunakan pahat dan palu.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (25/6/2018), Levon diketahui membangun gua itu selama 23 tahun seperti diberitakan Daily Mail.

Foto: Pintu masuk gua (Levon's Divine Underground/Facebook)


Rasanya sulit dipercaya kalau seorang pria bisa membangun sebuah gua seorang diri. Namun, ternyata kisah awalnya berasal dari permintaan sederhana istri Levon, Tosya Gharibyan, yang ingin memiliki sebuah tempat penyimpanan kentang di tahun 1985.

Mendengar permintaan istrinya, Levon pun mulai menggali sebuah lubang di bawah rumahnya. Layaknya mendapat wangsit, Levon pun terus menggali dan menggali setiap hari selama 23 tahun.

Foto: Suasana di dalam gua (Levon's Divine Underground/Facebook)


Dari yang awalnya hanya menggali lubang, Levon mulai memahat tujuh ruangan lengkap dengan koridor, tangga dan hiasannya.

Pada akhirnya, perjalanan Levon untuk menggali berhenti di tahun 2008 saat ia meninggal di umur 67 tahun. Levon berhenti pada saat ia dipanggil Tuhan seperti apa yang dikatakannya pada istrinya saat ia masih hidup.

"Ia akan mengatakan, Tuhan telah menginstruksikan aku untuk melakukan ini, dan Tuhan juga yang akan memberitahu aku untuk berhenti," kenang Tosya seperti diberitakan media lokal Hetq.

Foto: Levon sang pembuat gua (Levon's Divine Underground/Facebook)


Kini, gua peninggalan Levon dijadikan museum dan diurus langsung oleh istrinya. Traveler pun bisa menggumi gua karya Levon beserta peninggalannya yang ikut dipajang di dalamnya. Sungguh luar biasa. (wsw/fay)


Sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==